Jumat, 26 Februari 2010

Sistem Informasi Berbasis Web di Gunadarma

Universitas Gunadarma memiliki lanyanan homepage yang diperuntukan bagi keluarga besar Gunadarma. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas yang masing-masing homepage memiliki kepentingan tersendiri. Beberapa contoh adalah sebagai berikut.

Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
Bobot kredit.
Tujuan mata kuliah.
Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
Nama pengajar.
Waktu dan tempat kuliah
Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
Berita
Untuk mempercepat mencari SAP yang diinginkan, kini untuk menampilkan SAP terdapat fasilitas lacak (searching). Dengan fasilitas ini, para dosen dapat memasukkan keyword singkat mata kuliah untuk menampilkan daftar SAP-nya.
Sebelumnya untuk menampilkan daftar SAP, harus dicari sesuai dengan urutan tiap jurusan dan fakultas.

Studentsite adalah homepage resmi mahasiswa Universitas Gunadarma yang diperuntukan bagi keperluan mahasiswa. Site ini memberikan berbagai keperluan yang berguna bagi khusus mahasiswa Universitas Gunadarma. Di dalamnya terdapat berita yang berisikan tentang even-even atau acara yang ada di Gunadarma, berita yang ada di BAAK, dan bila anda masuk login kedalamnya, anda bisa juga melihat rangkuman nilai, jadwal matakuliah setiap semesternya. Selain itu juga ada juga info tentang mahasiswa.
Selain hal-hal diatas, didala studentsite juga terdapat menu yang berisikan blog-blog komunitas khusus yang bisa diikuti bagi tiap jurusan masing-masing, yaitu:
Blog Komunitas Perbankan
Blog Komunitas Linux
Blog Komunitas Fotografi
Blog Komunitas Robotika
Blog Komunitas Arsitektur
Blog Komunitas Ekonomi Syariah
Blog Komunitas Pasar Modal

Staffsite adalah homepage resmi staff Universitas Gunadarma. Pada staffsite ini terdapat semua daftar nama semua staff atau dosen dari setiap mataperkuliahan masing-masing jurusan. Disini juga mahasiswa bisa melakukan pengajuan pertanyaan kepada dosen yang bersangkutan. Anda bisa mencari dosen yang diinginkan dangan mengetikkan nama pada menu search, yang mana akan langsung menuju list nama yang dituju.
Pada staffsite mahasiswa juga bisa mengajukan keluhan yang ada dengan mengirim surat kedalm menu Kontak Kami. Staffsite juga terdapat ajaran matakuliah pada dosen yang bersangkutan, dan juga bisa mendownload satuan ajaran perkuliahan juga.

1 komentar: